Header Ads

Intel Company, Mengapa tetap bertahan diantara terpaan badai ?



Sejarah Intel




Hasil gambar untuk Intel Corporation

Intel adalah sebuah Perusahaan yang bergerak dibidang rancangan dan produksi Mikroprosesor dan sirkuit terpadu yang digunakan pada perangkat komputer,laptop maupun smartphone. Intel Didirikan pada tanggal 18 juli 1968 oleh dua orang pionir yang bernama Robert Noyce dan Gordon Moore. Diawali dengan memproduksi sebuah ram statis dengan nama 1101 pada tahun 1969 hingga memproduksi Processor sekelas i7 7700K yang terbaru saat ini.  


Mengapa Intel Sukses dan Bertahan hingga saat ini ?


Intel Corporation telah menjadi perusahaan tersukses dalam memproduksi mikroprosesor dalam 2 dekade terakhir. Intel telah berhasil membuat beberapa produknya laris manis dipasaran  seperti produk prosesor seri i3 dan i5 untuk kalangan menengah kebawah, hingga i7 untuk mengenah keatas. Walaupun banyak kompetitor yang menjadi rival Intel dalam market penjualan prosesor seperti AMD, nyatanya produk intel masih diminati kalangan konsumer dikarenakan performanya yang baik serta build quality yang mumpuni. Berikut adalah alasan mengapa produk intel mendominasi market prosesor di dunia:


1.      Produk yang mumpuni



Dipasaran komponen komputer,  terutama Processor. Intel masih menjadi raksasa diantara para kompetitor lainnya, AMD misalnya. Walaupun AMD memiliki harga yang bersaing dan lebih murah daripada Intel. Namun performa yang diberikan processor intel jauh lebih baik daripada beberapa produk High – End dari AMD. Selain itu, dengan diakuinya intel sebagai pelopor produk processor sejak lama sehingga tidak diragukan lagi kualitas dari produk intel tersebut.

2.      Marketing yang Baik di pasaran



Menurut penulis, Intel memiliki strategi yang sangat baik di pasaran. Dengan menggandeng para produsen perangkat komputer lain seperti Asus,MSI,ASRock untuk membuat produk mereka menggunakan Chipset Intel itu sendiri sehingga konsumer mau tidak mau harus menggunakan produk intel itu sendiri sebagai processor ataupun sebagai perangkat keras lain semacam Wifi Driver,SSD,dll.
Intel juga pintar dalam memberikan jangka waktu dalam peluncuran seri terbaru dari processor yang mereka buat. Dengan adanya seri terbaru dari processor tersebut tentu membutuhkan socket processor yang terbaru pula. Seperti pada kasus peluncuran processor i9 yang menggunakan socket x299 baru baru ini yang dimana sebelumnya pada produk Kabylake dari seri i3-i7 masih menggunakan socket 1155. Hal tersebut memaksa konsumer yang sudah terlanjur membeli processor dengan tipe lama tersebut untuk membeli motherboard dan processor terbaru tersebut jika ingin melakukan upgrade dari komputer konsumer tersebut.

3.      Image bahwa Processor adalah Intel


Sudah lama intel berkreasi dalam pembuatan processor di dalam market komponen komputer. Tentu konsumer sudah mengetahui bagaimana dan seperti apa produk dari intel tersebut. Hal tersebut tentu tidak dapat dipungkiri karena memang apa yang ditawarkan intel sesuai dengan performa yang ditawarkannya. Kemenangan market dari produsen lain juga membuat popularitas intel menanjak. Hal itu lah yang membuat para konsumer berfikir bahwa “Processor ya intel saja”


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.