Header Ads

Persamaan Hak dan Derajat



Assalamualaikum Wr Wb
Sahabat Citizen , Kali ini saya akan membahas tentang permasalahan Persamaan Hak dan derajat ,terutama di Indonesia. Sebelum itu marilah kita ulas pengertian dari Persamaan Hak dan Derajat.

Hak adalah segala sesuatu yang harus di dapatkan oleh setiap orang yang telah ada sejak lahir bahkan sebelum lahir. sedangkan Derajat ialah suatu tingkatan atau istilahnya seperti anak tangga , ada anak tangga yang paling tinggi dan ada anak tangga terbawah. Harkat manusia adalah nilai manusia sebagai makhluk Tuhan yang dibekali cipta, rasa, karsa dan hak-hak serta kewajiban azasi manusia. Martabat adalah tingkatan harkat kemanusiaan dan kedudukan yang terhormat.

Kita diciptakan tuhan mempunyai hak dan derajat yang sama. Hak-hak mendasar seperti Hak untuk hidup,Hak untuk mendapatkan pendidikan, dan hak untuk bahagia semua orang berhak untuk mendapatkan itu tidak hanya yang kaya saja, yang miskin juga wajib mendapatkannya. Untuk itu Persamaan hak dan derajar saling berkesinambungan.

Di Indonesia Persamaan hak dan derajat layaknya Sebuah paku , Tumpul diatas tajam di bawah. Kalo kembali kita lihat ke daerah daerah terpencil seperti papua, dll tampak sekali perbedaannya dengan di kota kota besar seperti Jakarta. Pembangunan di sana tidak merata, Pendidikan pun masih banyak yang tidak mengenyamnya. Mereka layak untuk mendapatkan hak-haknya tak hanya di kota besar saja. Sungguh miris rasanya melihat saudara saudara kita mencoba bertahan hidup dengan serba kekurangan, sedangkan kita berhura hura dengan fasilitas yang serba Wah.

Mari kita sedikit menengok ke tempat yang lebih dekat, tak jauh jauh di ibukota kita saja sering sekali terjadi prioritas terhadap sesuatu hal yang hanya didapatkan oleh golongan tertentu. Misalnya saja Pelayanan kesehatan , cukup banyak yang tidak mendapatkannya secara wajar karena terkendala Uang. Walaupun sudah banyak jenis jenis kartu yang dapat membantu mereka  tetapi tak jarang banyak sekali oknum nakal yang memanfaatkan momen tersebut menjadi ladang emas bagi mereka. Bahkan Raskin(Beras Miskin) saja ada juga pengepul yang menyalahgunakan beras tersebut untuk dijual dengan harga yang mahal. Sungguh miris bukan , hal yang seharusnya menjadi hak untuk mereka malah menjadi hak untuk orang yang tak layak mendapatkannya.

Sahabat Citizen, Kita mungkin telah banyak melihat contoh contoh dari penyimpangan yang menyangkut penyamarataan hak dan derajat di Indonesia. Tetapi dengan adanya hal ini alangkah baiknya kita juga harus menghilangkan kebiasaan buruk membeda-bedakan hak dan derajat orang lain. Sudah sepantasnya kita sebagai mahluk social untuk hidup bersama, saling gotong royong , dan rukun sejahtera.
Sekian tulisan dari kami , kurang lebihnya mohon maaf

Wassalamualaikum Wr Wb





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.