Header Ads

Manusia Dan Budaya



Latar belakang
Ilustrasi Budaya Indonesia

Manusia dan budaya , 2 kata dan makna yang berbeda tetapi saling berkorelasi diantara keduanya. Manusia sendiri adalah individu yang menciptakan sekaligus melestarikan budaya itu sendiri. Kebudayaan mengatur manusia dari berbagai aspek kehidupan . kebudayaan juga merupakan sebuah identitas diri dari masyarakat di daerah tertentu.
Rasa kebersamaan antar rakyat disatukan dengan kebudayaan mereka masing masing, Layaknya sebuah tenaga listrik yang menerangi suatu wilayah, Kebudayaan menjadi aspek penting. Selain untuk jati diri dari suatu masyarakat, kebudayaan juga merupakan sebuah alat untuk bersosialisasi antar masyarakat. Rasa Saling menghormati akan muncul dengan sendirinya apabila masyarakat itu sendiri saling menghormati dan menjaga kebudayaannya masing masing.

Rumusan Masalah
1.       Apa yang dimaksud dengan Manusia dan Kebudayaan ? 
2.       Apa Manfaat budaya bagi manusia ?
3.       Bagaimanakah hubungan Budaya dengan Manusia ?
4.       Unsur unsur apa saja yang mempengaruhi Budaya ?
5.       Bagaimanakah keadaan manusia dan budaya saat ini ?
6.       Bagaimakah sikap kita untuk menghadapi perubahan budaya ?
Tujuan
1.       Mengetahui Pengertian Manusia Dan Kebudayaan
2.       Mengetahui manfaat budaya bagi kelangsungan hidup  manusia
3.       Mengetahui hubungan budaya dengan manusia
4.       Mengetahui unsur unsur yang mempengaruhi budaya
5.       Mengetahui keadaan Hubungan andata manusia dengan budaya pada masa kini
6.       Pembaca dapat mengerti dan memahami , sehingga dapat membuat hubungan antara kebudayaan dengan manusia kembali erat.

1.       Pengertian Manusia

Manusia Secara bahasa manusia berasal dari kata “manu” (Sanskerta), “mens” (Latin), yang berarti berpikir berakal budi atau makhluk yang berakal budi. Secara istilah manusia dapat diartikan sebuah gagasan atau realitas, sebuah kelompok (genus) atau seorang individu. Dalam Ilmu Sosial , manusia merupakan makhluk yang ingin memperoleh keuntungan atau selalu memperhitungkan setiap kegiatan, atau sering juga di sebut homo ecconomicus( Ilmu Ekonomi), manusia merupakan makhluk social yang tidak bisa hidup berdiri sendiri (Sosiologi), mahluk yang selalu ingin mempunyai kekuasaan (Ilmu Politik), Makhluk yang berbudaya (Homo humanus) dan lain sebagainya.
2.       Pengertian Budaya
Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya, dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari. Ada beberapa faktor pembentuk Budaya :
1.      Hasil dari sebuah perilaku yang telah mendarah daging , sehingga menjadi sebuah kebiasaan
2.      Hasil dari Ide Manusia
3.      Hasil dari Norma, peraturan, dan nilai nilai yang di terapkan dalam masyarakat
4.      Pengaruh Lingkungan
5.      Adanya Peleburan antar budaya


3.      Hubungan Budaya dengan Manusia.
Manusia dan Budaya dikatakan sebagai Dwitunggal , yang artinnya walaupun keduanya berbeda tetapi tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnnya. Budaya datang dari masa Nenek Moyang kita. Budaya di ciptakan untuk menangani masalah masalah di sekitar kehidupan social kita, Contoh sederhananya seperti budaya dalam makan , dilarang makan sambil berkecap atau bersuara karena di nilai tidak sopan terhadap orang yang lebih tua atau orang orang di sekitarnya. Manusia sendiri dalam kasus budaya ini berperan sebagai Pencipta budaya. Dan budaya pula yang mengatur mereka untuk bertidak seperti selayaknya. Oleh karena itu diantara keduanya tidak dapat saling dipisahkan.

4.      Unsur - Unsur yang mempengaruhi Budaya
A.    Faktor internal :
a.       Bertambah atau berkurangnya penduduk
b.      Adanya penemuan baru di bidang  IPTEK
c.       Pertentangan ( Konflik ) Masyarakat
d.      Terjadinya Pemberontakan (Revolusi)
B.     Faktor Eksternal :
a.       Lingkungan Alam Fisik
b.      Peperangan
c.       Pengaruh budaya lain




5.      Keadaan manusia dan budaya saat ini

 

                                                    Ilustrasi Budaya Masa Kini

Jikalau kita Flashback ke masa lalu, betapa kuatnya hubungan antara kebudayaan dengan Masyarakat kita. Aturan , Kebiasaan , dan Tata Kehidupan selalu mengiringi kehidupan masyarakat dahulu. Namun , seiringan dengan berjalannya waktu dan perkembangan jaman, Hubungan itu mulai memudar. Lihatlah anak muda saat ini , mereka lebih sering menyita waktunya untuk kegiatan yang selalu bergantung kepada teknologi. Bahkan , hubungan antar anggota keluarga pun terbilang pasif.
Saat ini , Keadaan budaya kita selalu terancam terhadap Klaim dari Negara luar , terutama Negara tetangga. Hal itu dikarenakan kurangnya kesadaran kita terhadap pentingnya menjaga keutuhan Budaya Indonesia. Tak heran jikalau budaya kita sering dilupakan , kalau generasi penerus kita bahkan jarang ada yang tau apa saja budaya kita. Saat ini , budaya luar terus menggerus budaya kita. Tak jarang , Budaya barat perlahan menjadi kiblat perubahan anak muda masa kini. Kebiasaaan seks bebas , narkoba , Sifat acuh tak acuh merupakan salah satu contoh bentuk dari budaya negatif dari luar yang menghinggapi generasi muda Indonesia.

6.      Sikap kita Untuk Menghadapi perubahan budaya.
1.      Mengambil yang positif dari perubahan budaya dan tidak mengikuti budaya negatifnya.
2.      Alangkah baiknya kita menjaga kebudayaan kita agar tidak hilang termakan oleh jaman
3.      Mengenalkan dan menanamkan budaya kepada anak dan cucu kita sejak kecil, agar saat ia dewasa , ia siap untuk menghadapi dunia luar
4.      Ikut berpartisipasi dalam pelestarian budaya negeri kita
5.      Menularkan serta mempopulerkan budaya kita ke Mancanegara , untuk mencegah adanya Klaim dari Negara luar  


DAFTAR Pustaka
2.      http://ulfanurizqiindaha.blogspot.com/2011/10/manusia-dan-kebudayaan.html
3.      http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.