Penilaian Suatu Perguruan Tinggi berdasarkan Situs Resminya (Webometrics)
Peringkat
atau Ranking merupakan sebuah parameter dari bagus atau tidaknya suatu
Instansi/Perguruan Tinggi. banyak sekali lembaga yang menyelenggarakan
Penilaian Universitas , mulai dari BAN-PT,QS- World Ranking , TeSCA , 4ICU ,
Webometics dan masih banyak lagi.
Segi
penilaian pun beragam, mulai dari yang menilai Perguruan tinggi tersebut dari
segi kinerjanya , berapa banyak pengajar , berapa banyak Professor , berapa
banyak paper yang dihasilkan oleh universitas tersebut , dan juga penelitian
yang telah di lakukan. Namun ada juga yang menilai berdasarkan kepopuleran
suatu situs Perguruan tinggi tersebut , dengan menilai seberapa banyak
pengunjung yang mengakses serta seberapa sering situs itu dicari di search
engine.
Kali
ini saya akan membahas 2 buah lembaga penilai Universitas yang melakukan
penilaian berdasarkan Website yaitu Webometrics dan 4ICU. Untuk postingan kali
ini akan membahas tentang Webometrics lalu postingan selanjutnya akan membahas
tentang 4ICU
A.
Apa
itu WEBOMETICS ?
Webometics merupakan sebuah lembaga yang menyelenggarakan Perangkingan Suatu Perguruan tinggi berdasarkan dari tingkat keaktifan situs tersebut serta pengunjungnya. Dengan Penilaian tersebut dapat diketahui peringkat Perguruan tinggi tersebut berdasarkan keaktifannya di dunia maya. Webometric sudah melakukan pemeringkatan terhadap lebih dari 20 ribu perguruan tinggi di seluruh dunia. Ada empat komponen yang menjadi indikator utama dari penilaian Webometrics ini, yaitu Presence (20%), Impact (50%), Openness (15%), dan Excellence (15%). Daftar peringkat ini berawal dari sebuah institusi bernama Consejo Superior de Investigaciones CientÃficas (CSIC), sebuah lembaga penelitian publik di Spanyol. Dari sebuah divisi khusus yang bertugas untuk menangani dinamika informasi web yang dinamakan Cybernetics Division lahirlah Webometrics.
B.
Parameter Penilaian Webometrics
1.
Excellence : merupakan
jumlah artikel-artikel ilmiah publikasi perguruan tinggi yang bersangkutan yang
terindeks di Scimago Institution Ranking dan di Google Scholar. Parameter excellence ini sejatinya
perbaikan dari parameter Scholar yang selama ini hanya berbasis pada artikel
ilmiah yang ada hanya di Google Scholar
2.
Presence : Merupakan jumlah halaman website (html)
dan halaman dinamik yang tertangkap oleh mesin pencari (Google), tidak termasuk
rich files. Parameter Presence ini sebenarnya hanya perubahan nama dari
parameter Size yang digunakan sebelumnya
3.
Impact : merupakan jumlah eksternal link yang
unik (jumlah backlink) yang diterima oleh domain web universitas (inlinks) yang
tertangkap oleh mesin pencari (Google). Parameter Impact ini pun hanya
perubahan nama dari parameter Visibility yang digunakan sebelumnya dan
merupakan parameter dengan prosentase terbesar (50%)
4.
Openness : merupakan jumlah file dokumen (Adobe
Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) and
Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang online/open di bawah domain website
universitas yang tertangkap oleh mesin pencari (Google Scholar). Nah, Openness
ini sejatinya sama dengan parameter Rich Files.
C.
Peringkat
Webometrics di Indonesia
Berikut merupakan peringkat 11 besar Webometrics
di indonesia
Pada tahun 2016 ini Gunadarma mendapatkan peringkat 45 , jauh dari sebelumnya yang berada di peringkat 10 besar. Untuk itu saya mengajak kepada teman teman seperjuangan di Universitas Gunadarma untuk kembali mengaktifkan Hyperlink serta tingkat keaktifan Situs Gunadarma itu sendiri.
Sekian Pembahasan untuk Webometrics , Pada postingan selanjutnya akan membahas tentang 4ICU . Kurang lebihnya mohon maaf , Wassalamualaikum Wr Wb.
Post a Comment