Header Ads

Tugas 2 (Pentingnya peran Pemuda bagi Pembangunan di Indonesia) - ILMU SOSIAL DASAR



Pentingnya peran Pemuda bagi Pembangunan di Indonesia

Assalamualaikum Wr Wb
Sahabat Citizen, Tanpa disadari Peran pemuda mempunyai arti penting bagi bangsa kita. Perubahan besar yang terjadi pada bangsa ini tidak terlepas dari peran para pemuda yang pada saat itu cerdas, kritis dan kreatif. Kalau saja seandainya Para pemuda pada saat Jaman kemerdekaan dulu tidak segera Mendesak presiden Soekarno dan Hatta untuk memproklamirkan kemerdekaan, mungkin kemerdekaan kita akan berlangsung sangat lama atau mungkin saja kita saat ini masih merasakan apa yang dirasakan pemuda pada masa lalu.

Peran pemuda sebagai actor didalam pembangunan Indonesia ini ditempatkan dalam posisi yang sangat penting, Khususnya untuk masa depan Indonesia. Pada tahun 2015 Indonesia siap tidak siap akan menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) Sebuah era dimana aliran barang, jasa, dan investasi akan terbuka untuk segenap penduduk negara-negara yang melingkupinya. Dari itu, MEA atau disebut juga dengan ASEAN Economic Community (AEC), menjadi sebuah agenda penting yang tidak hanya menuntut perhatian, tapi sekaligus kesadaran semua pihak untuk segera menyiapkan diri dari gempuran kebebasan berekonomi. Peran pemuda harus ikut andil dalam Persaingan bebas tersebut, Daya saing para pemuda Indonesia dituntut harus mampu untuk bersaing dengan pasar global tersebut. Karena imbasnya jikalau Indonesia tidak mampu untuk bersaing dengan dunia luar Indonesia tidak akan pernah lepas dari title “Negara Berkembang”.  

Peran pemuda dalam mengharumkan nama Indonesia telah banyak didengar baik dari media social ataupun media Entertaiment. Saat ini sudah banyak peran Pemuda bangsa yang sudah mengharumkan nama bangsa. Tak jarang Nama Indonesia sering memenangkan Juara Olimpiade Sains, olimpiade Olahraga, dan Masih banyak lagi.
Layaknya koin yang mempunyai 2 sisi, Peran pemuda kini juga memburuk. Banyak sekali Pemuda/Pemudi yang mencoreng nama bangsa melalui Media social. Contoh kasus saja seperti Kasus Mahasiswi Di salah satu Kampus ternama di Yogyakarta yang menjelek jelekan Kotanya sendiri hanya karena Pelayanan SPBU Pertamina yang tidak mau melayani dia karena ia menyelak antrian. Hal sepele namun cukup mencoreng nama Indonesia di mata dunia.

Sebagai Pemuda seharusnya kiita mampu mencerminkan Sikap Kewarganegaraan yang baik serta Menanamkan nilai nilai pancasila di dalam kehidupan. Mungkin Pada masa ini merupakan tahun-tahun krusial bagi Pemuda. Peran Dunia asing yang terus-terusan menularkan budaya yang bebas telah berdampak pada sebagian besar para pemuda kita. Saya jadi teringat akan pepatah dari presiden pertama kita Soekarno yang berbunyi


“Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya …Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia”


Keyakinan Soekarno kepada pemuda kita tetap ada hingga saat ini walaupun hanya tertulis oleh sebuah pepatah!
Untuk dari itu kita harus Membuat Bangsa ini bangkit! Kita harus berupaya mengharumkan nama bangsa kita, Tak peduli darimana asal kita, suku kita, ataupun agama kita.
Sekian tulisan dari saya , Kurang lebihnya mohon maaf
Wassalamualaikum Wr Wb

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.