Bagaimana Sebuah Perusahaan dapat Bertahan ?
Setiap perusahaan didirikan dengan tujuannya
masing masing dan memiliki target pada tiap tahunnya. Tentu, semua perusahaan
menginginkan agar hal tersebut tercapai sehingga menjadi sebuah perusahaan yang
berkompeten dalam bidangnya dan dapat diandalkan oleh para clientnya.
Sebuah
perusahaan tentunya ada kalanya dimana mengalami pasang surut dalam menjalankan
usahanya. Adakalanya perusahaan tersebut diatas bintang, kadang pula stagnan
tidak ada perkembangan, bahkan mengalami masa masa terpuruk dalam menjalankan
usahanya. Lalu bagaimana agar perusahaan tersebut dapat bertahan dikala masa –
masa buruk tersebut ?
Dalam hal tersebut penulis merangkumnya dalam
beberapa point yang membuat sebuah perusahaan bertahan dalam menjalankan
usahanya. berikut adalah pendapat penulis :
- Tetap bertahan dengan Tujuan Awal yang jelas.
Seperti pada penulis tulis di awal artikel, setiap perusahaan memiliki goals nya masing – masing. Tujuan
perusahaan tersebut bagai arah kemanakah perusahaan tersebut pergi. Dengan
tujuan tersebut perusahaan dapat berkembang. Ada beberapa perusahaan yang
memiliki tujuan yang tidak jelas dari awal terbentuk, sehingga menyebabkan
terjadinya inkonsistensi dari perusahaan tersebut yang berimbas pada
perkembangan perusahaan tersebut.
- Memperhatikan Kesejahteraan SDM
Apa Artinya sebuah perusahaan tanpa para pegawainya. Sumber daya manusia sangat
berperan penting dari perkembangan perusahaan tersebut. Alangkah baiknya sebuah
perusahaan memperhatikan kesejahteraan para pegawainya, karena menurut penulis
kesejahteraan para pegawai berbanding lurus dengan kinerjanya, namun tentu hal
tersebut harus diberikan batasan yang jelas sehingga pegawai tidak semena –
mena dalam mengerjakan pekerjaannya.
- Mengenal dengan baik Medan ,Ruang lingkup Pasar, dan Kepuasan Konsumen.
Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang dapat mengenali bagaimana
pergerakan dari bisnisnya seperti apa, Dapat memahami para kompetitornya, dan
mengerti seperti apa kemauan dari para konsumennya sehingganya barang ataupun
jasa yang di jual oleh perusahaan tersebut dapat tepat sasaran.
Selain itu perusahaan juga harus mengerti keluhan dari para konsumennya. Dengan
adanya kritik dan saran dari para konsumen tentu dapat membuat barang/jasa yang
dijual perusahaan tersebut menjadi lebih baik karena kepuasan konsumen adalah
prioritas utama dari sebuah usaha.
- Dapat Menarik minat para Investor
Salah satu masalah krusial dalam perusahaan adalah dana. Tentu hal tersebut
adalah hal dasar yang harus terpenuhi apabila perusahaan tersebut dapat
berjalan. Investor adalah salah satu dari sumber dana tersebut. Dengan adanya
investor, perusahaan dapat mendapatkan kucuran dana yang tentunya dapat
digunakan dalam operasional perusahaan tersebut sehingga dapat mendapatkan
untung. Untuk dapat menarik minat investor untuk menanamkan modalnya tersebut,
perusahaan harus dapat dengan jelas menyampaikan seperti apa produk atau jasa
yang akan dijual dan bagaimanakah prospek kedepan apabila akan menanamkan
modalnya pada perusahaan tersebut. intinya dari poin ini adalah perusahaan
harus dapat menjual perusahaan tersebut kepada para investor dengan baik.
- Selalu Mengikuti Perkembangan
Apabila kita kroscek ke perusahaan seperti Go-Jek dan Grab, keduanya sama
sama menyediakan main fitur yaitu penyedia jasa transportasi online. Namun keduanya
tetap berkembang tidak hanya difitur itu saja tetapi juga ada fitur fitur
lainnya seperti layanan order makanan, bengkel online, pijat online dan lain –
lain. Hal tersebut juga harus ditiru dari para penggerak perusahaan dimana
barang/jasa yang dijual tidak boleh tetap berada hanya pada zona aman saja,
tetapi harus juga mengikuti perkembangan dan tren pada jaman sekarang agar
dapat mengikuti perkembangan pasar juga.
Demikian 5 poin pendapat penulis tentang bagaimana
agar sebuah perusahaan dapat tetap tegak berdiri dalam menghadapi rintangan –
rintangan yang harus dilalui oleh perusahaan tersebut.
Post a Comment