Header Ads

Bagaimana Sebuah Perusahaan dapat Bertahan ?


Setiap perusahaan didirikan dengan tujuannya masing masing dan memiliki target pada tiap tahunnya. Tentu, semua perusahaan menginginkan agar hal tersebut tercapai sehingga menjadi sebuah perusahaan yang berkompeten dalam bidangnya dan dapat diandalkan oleh para clientnya.
 Sebuah perusahaan tentunya ada kalanya dimana mengalami pasang surut dalam menjalankan usahanya. Adakalanya perusahaan tersebut diatas bintang, kadang pula stagnan tidak ada perkembangan, bahkan mengalami masa masa terpuruk dalam menjalankan usahanya. Lalu bagaimana agar perusahaan tersebut dapat bertahan dikala masa – masa buruk tersebut ?
Dalam hal tersebut penulis merangkumnya dalam beberapa point yang membuat sebuah perusahaan bertahan dalam menjalankan usahanya. berikut adalah pendapat penulis :

  • Tetap bertahan dengan Tujuan Awal yang jelas.

Seperti pada penulis tulis di awal artikel, setiap perusahaan memiliki goals nya masing – masing. Tujuan perusahaan tersebut bagai arah kemanakah perusahaan tersebut pergi. Dengan tujuan tersebut perusahaan dapat berkembang. Ada beberapa perusahaan yang memiliki tujuan yang tidak jelas dari awal terbentuk, sehingga menyebabkan terjadinya inkonsistensi dari perusahaan tersebut yang berimbas pada perkembangan perusahaan tersebut.
  • Memperhatikan Kesejahteraan SDM
Apa Artinya sebuah perusahaan tanpa para pegawainya. Sumber daya manusia sangat berperan penting dari perkembangan perusahaan tersebut. Alangkah baiknya sebuah perusahaan memperhatikan kesejahteraan para pegawainya, karena menurut penulis kesejahteraan para pegawai berbanding lurus dengan kinerjanya, namun tentu hal tersebut harus diberikan batasan yang jelas sehingga pegawai tidak semena – mena dalam mengerjakan pekerjaannya.
  • Mengenal dengan baik Medan ,Ruang lingkup Pasar, dan Kepuasan Konsumen.
Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang dapat mengenali bagaimana pergerakan dari bisnisnya seperti apa, Dapat memahami para kompetitornya, dan mengerti seperti apa kemauan dari para konsumennya sehingganya barang ataupun jasa yang di jual oleh perusahaan tersebut dapat tepat sasaran.
Selain itu perusahaan juga harus mengerti keluhan dari para konsumennya. Dengan adanya kritik dan saran dari para konsumen tentu dapat membuat barang/jasa yang dijual perusahaan tersebut menjadi lebih baik karena kepuasan konsumen adalah prioritas utama dari sebuah usaha.
  • Dapat Menarik minat para Investor
Salah satu masalah krusial dalam perusahaan adalah dana. Tentu hal tersebut adalah hal dasar yang harus terpenuhi apabila perusahaan tersebut dapat berjalan. Investor adalah salah satu dari sumber dana tersebut. Dengan adanya investor, perusahaan dapat mendapatkan kucuran dana yang tentunya dapat digunakan dalam operasional perusahaan tersebut sehingga dapat mendapatkan untung. Untuk dapat menarik minat investor untuk menanamkan modalnya tersebut, perusahaan harus dapat dengan jelas menyampaikan seperti apa produk atau jasa yang akan dijual dan bagaimanakah prospek kedepan apabila akan menanamkan modalnya pada perusahaan tersebut. intinya dari poin ini adalah perusahaan harus dapat menjual perusahaan tersebut kepada para investor dengan baik.

  • Selalu Mengikuti Perkembangan
Apabila kita kroscek ke perusahaan seperti Go-Jek dan Grab, keduanya sama sama menyediakan main fitur yaitu penyedia jasa transportasi online. Namun keduanya tetap berkembang tidak hanya difitur itu saja tetapi juga ada fitur fitur lainnya seperti layanan order makanan, bengkel online, pijat online dan lain – lain. Hal tersebut juga harus ditiru dari para penggerak perusahaan dimana barang/jasa yang dijual tidak boleh tetap berada hanya pada zona aman saja, tetapi harus juga mengikuti perkembangan dan tren pada jaman sekarang agar dapat mengikuti perkembangan pasar juga.

Demikian 5 poin pendapat penulis tentang bagaimana agar sebuah perusahaan dapat tetap tegak berdiri dalam menghadapi rintangan – rintangan yang harus dilalui oleh perusahaan tersebut.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.