Header Ads

Penilaian Suatu Perguruan Tinggi berdasarkan Situs Resminya (4ICU)





4ICU merupakan website yang juga sering kali dijadikan referensi di bidang pendidikan, termasuk mengenai perankingan universitas terbaik. Kepanjangan 4ICU adalah 4International Colleges and Universities. Metode yang digunakan dalam menyusun daftar perguruan tinggi adalah dengan melihat algoritma berdasarkan indeks beberapa mesin pencari independen seperti Google Page Rank, Majestic SEO Referring Domains, dan Alexa Traffic Rank.
Tujuan dari situs 4ICU ini adalah untuk meberikan ranking popularitas Universitas dunia dan popularitas situs Web mereka. Hal itu dimaksudkan untuk membantu mahasiswa internasional dan staff akademik untuk memahami kepopuleran suatu Universitas tertentu di negara asing.
A.     Metodelogi Penilaian
Komponen penilaian yang digunakan 4ICU ada 3 , yaitu :

1. Google Page Rank

   Google Page Rank adalah sebuah algoritma yang dibuat oleh Google untuk menilai suatu Kepopuleran situs  tertentu.  Sebuah situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakkan tautan yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi/content situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain. Peringkat halaman dihitung dengan skala 1-10. Makin besar skala , maka rating akan semakin baik

2. Alexa Traffic Rank

 Alexa Traffic Rank merupakan sarana pengukur dari popularitas sebuah website, dengan membandingkan semua situs lain di internet dan mempertimbangkan baik jumlah pengunjung dan jumlah halaman yang dilihat pada setiap kunjungan.

Alexa mengumpulkan data lalu lintas setiap hari dari jutaan pengguna yang telah menginstal alexa toolbar, dan sumber-sumber lain, dan kemudian menggunakan rumus matematika yang kompleks pada bernilai tiga bulan 'data untuk sampai pada peringkat untuk setiap situs.

3. Majestic SEO (Referring Domain, Citation Flow, Citation Trust)
Majestic SEO adalah sebuah perangkat lunak yang berfokus pada penyediaan informasi untuk membangun link, manajemen reputasi, analisa link yang kompetitif dan analisis lalu lintas situs Web.

Penilaian 4ICU terdiri dari langkah langkah sebagai berikut :
1.      Data yang dibutuhkan dikumpulkan pada hari yang sama, sehingga tidak menimbulkan fluktuasi data.
2.      Penggunaan filter yang telah disediakan untuk menyelidiki data yang telah masuk.
3.      Review data dari Alexa Traffic Rank, untuk menyeleksi perguruan tinggi yang masih menggunakan subdomain sebagai halaman utama yang resmi.
4.      Data webmetric dinormalisasikan pada skala 0-100 dengan mempertimbangkan perhitungan logaritma alami dari Google Page Rank dan Alexa Traffic Rank, serta hasil normalisasi dari data Majestic SEO.
5.      Nilai normalisasi dari ketiga data tersebut digabungkan dan kemudian dirata-rata untuk menghasilkan nilai akhir dan peringkat perguruan tinggi.

B.      Kelebihan dan Kekurangan  Penilaian berdasarkan Situs Resmi

1.      Kelebihan
1.      Menambah popularitas sebuah Perguruan tinggi  kepada dunia internasional
2.      Mempermudah bagi calon mahasiswa yang ingin mencari universitas terbaik
3.      Sebagai Sarana Promosi Universitas
2.      Kekurangan
1.      Mengurangi niat para calon pendaftar kepada Perguruan tinggi yang memiliki rating rendah
2.      Kadang penilaian website tidak berbandinglurus dengan kinerja lapangan suatu perguruan tinggi yang sesungguhnya. 
  

 C. Ranking 11 Besar 4ICU
 
 
Pada tahun 2016 ini , Universitas Gunadarma menduduki Peringkat 11 dalam peringkat 4ICU.


Sekian Pembahasan saya tentang Penilaian suatu Perguruan tinggi berdasarkan Situs Resminya, kurang lebihnya mohon maaf. Wassalamualaikum Wr Wb.



Dikutip dari :


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.