Header Ads

Implementasi Constructive Solid Geometry (CSG) Menggunakan Software Blender



Implementasi Constructive Solid Geometry (CSG) Menggunakan Software Blender

Hasil gambar untuk Gunadarma


Universitas Gunadarma
3IA01
Group 1 :
1. Farhan Alfarisi  53414950
2. M Hermas Yuda P 57414305
3. Daniella Marsha 52414524
4. Rendytio Arifian P 59414055
5. M Taufiq Akbar 57414564
6. Singgih Aji P 5A414293


Boolean Modifiers ( Intersection, Union, dan Difference ) dengan Latar Belakang Putih dan 2 Objek yang Sama

  1. Pertama-tama, buka aplikasi Blender. Jika belum ada, dapat di download melalui blender.org lalu ikuti tahap-tahap instalasinya.
/Users/daniella/Desktop/Screen Shot 2017-07-06 at 00.29.57.png

  1. Kita lakukan pengaturan awal dengan mengklik Toolbar File > User Preferences.
/Users/daniella/Desktop/Screen Shot 2017-07-06 at 00.26.18.png
  1. Pilih Input, lalu tandai pada bagian Emulate 3 Button Mouse and Emulate Numpad lalu klik Save User Settings.
/Users/daniella/Desktop/Screen Shot 2017-07-06 at 00.26.40.png

  1. Berilah warna pada objek tersebut.
/Users/daniella/Desktop/Screen Shot 2017-07-06 at 00.37.57.png



  1. Pastikan kursor berada di tengah-tengah objek Cube dengan cara menyeleksi Cube tersebut lalu tekan Shift+S dan pilih Cursor to Selected.
/Users/daniella/Desktop/Screen Shot 2017-07-06 at 00.39.00.png

  1. Kemudian tambahkan sebuah objek yang sama, yaitu Cube dengan menekan Shift+A lalu pilih Mesh > Cube.
/Users/daniella/Desktop/Screen Shot 2017-07-06 at 01.07.32.png




  1. Atur ukuran dan orientasinya seperti gambar di bawah ini. Merotasinya searah sumbu Z sebesar 45 derajat dengan menekan R, lalu Z, lalu tekan 45. Lalu ubah warna dari objek Cube yang kedua tersebut.
/Users/daniella/Desktop/Screen Shot 2017-07-06 at 01.15.27.png

  1. Seleksi objek Cube, lalu tambahkan modifier pada bagian properties Object Modifier, pilih Boolean.
/Users/daniella/Desktop/Screen Shot 2017-07-06 at 01.16.31.png




  1. Kemudian ubah Operation menjadi Intersect untuk melakukan intersection/pemotongan, lalu isi Object nya menjadi nama objek yang kedua, yaitu Cube.001, klik Apply.
/Users/daniella/Desktop/Screen Shot 2017-07-06 at 01.26.38.png

  1. Seleksi objek Cube.001, kemudian pindahkan dengan menekan G lalu X (untuk memindahkan objek mengikuti sumbu X).
/Users/daniella/Desktop/Screen Shot 2017-07-06 at 01.19.29.png


  1. Untuk mengubah latar belakang tampilan render nya, pilih World pada bagian properties. Ubah Horizon Color nya menjadi warna putih, lalu tekan Shift+Z untuk melihat tampilan rendernya.
/Users/daniella/Desktop/Screen Shot 2017-07-06 at 01.28.10.png

  1. Ulangi langkah 4 sampai 8. Kemudian ubah Operation menjadi Union untuk melakukan union/penggabungan, lalu isi Object nya menjadi nama objek yang kedua, yaitu Cube.001, klik Apply.
/Users/daniella/Desktop/Screen Shot 2017-07-06 at 01.34.01.png


  1. Seleksi objek Cube.001, kemudian pindahkan dengan menekan G lalu Y (untuk memindahkan objek mengikuti sumbu Y). Tekan Shift+Z untuk melihat tampilan rendernya.
/Users/daniella/Desktop/Screen Shot 2017-07-06 at 01.35.44.png
  1. Ulangi langkah 4 sampai 8. Kemudian ubah Operation menjadi Difference untuk melakukan differensiasi, lalu isi Object nya menjadi nama objek yang kedua, yaitu Cube.001, klik Apply.
/Users/daniella/Desktop/Screen Shot 2017-07-06 at 01.39.10.png

  1. Seleksi objek Cube.001, kemudian pindahkan dengan menekan G lalu Y (untuk memindahkan objek mengikuti sumbu Y). Tekan Shift+Z untuk melihat tampilan rendernya.
/Users/daniella/Desktop/Screen Shot 2017-07-06 at 01.41.35.png

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.